Tumbuhan Dan Tanaman Obat Pengusir Nyamuk

Nyamuk adalah binatang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, bahkan anak kecilpun sudah sangat paham dengan binatang penghisap darah ini, hanya saja tidak semua orang memahami bahaya gigitan nyamuk jenis tertentu yang sangat merugikan bagi kesehatan, karena nyamuk semacam itu membawa berbagai penyakit dan umum diketahui seperti penyakit demam berdarah, malaria dan cikungunya.

Pada musim kemarau nyamuk biasanya mencari tempat lembab sehingga banyak menyerang wilayah pemukiman atau rumah-rumah karena itu pada saat seperti itu diperlukan antisipasi agar tidak menimbulkan masalah seperti penyakit yang telah disebutkan diatas diantaranya dengan cara mengusir serangga penyedot darah segar tersebut.

Hanya saja tidak semua orang suka menggunakan obat-obatan kimia untuk mengusir nyamuk bahkan sebagian yang lain merasa riskan terlebih jika memiliki anak bayi atau anak kecil dirmah, karena itu salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah memanfaatkan obat alami pengusir nyamuk berupa tumbuhan yang ditanam didekat rumah atau dalam pot bunga.

Tumbuhan atau tanaman obat seperti ini disamping untuk mengusir nyamuk juga bermanfaat sebagai penghias ruangan agar lebih sejuk. Beriut ini beberapa tanaman yang mempunyai kemampuan untuk menghalau nyamuk karena bau atau aroma khas dari tumbuhan tersebut:

1. Lavender

Bunga ini sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan baku untuk pembuatan lotion anti nyamuk, tanaman yang berasal dari daerah pegunungan Alpen Swiss ini terdapat kandungan zat linalool dan lynalyl acetat yang tidak disenangi nyamuk caranya cukup dengan menggosokan bunga tersebut pada tubuh

2. Zodia

Zodia (evodio suaveolens) ini berfungsi sebagai pengusir serangga dan nyamuk. Tanaman asli Papua ini mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine dengan bau khasnya memiliki efek pengusir nyamuk cukup efektif. Biasanya masyarakat papua yang biasa beraktivitas dihutan sebelum masuk rerimbunan hutan terlebih dahulu mengosokan daun tersebut pada tubuhnya agar terhindar dar serangga.

Bagi masyarakat papua sendiri tanaman bunga ini dsamping sebagai pengusir nyamuk dengan bau khasnya yang harum juga digunakan sebagai hiasan badan pada saat menggelar tari-tarian adat.

3. Rosemary

Tanaman bunga yang satu ini mengeluarkan aroma mirip minyak telon yang tidak disukai nyamuk karena itu tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk, cara penggunaannya dengannya menggosokan daunya pada tubuh agar terhindar dari gigitan nyamuk.

4. Serai

Tumbuhan serai sudah dikenal masyarakat terutama kalangan ibu-ibu karena tumbuhan ini biasa dijadikan sebagai campuran bumbu dapur untuk menyedapkan bau masakan. Tanaman mirip ilalang ini mengandung zat geraniol dan sitronelal yang mampu membunuh nyamuk karena itulah tanaman ini sudah mulai dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan lotion anti nyamuk.

5. Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito merupakan salah satu tanaman bunga asal Belanda dengan aroma lemon dan tidak disukai serangga. Tanaman yang mudah tumbuh dan menyukai sinar matahari ini juga efektif mengusir nyamuk


6. Bunga Tai Kotok (Marygold)

Sesuai namanya disebut sebagai bunga Tai Kotok/ayam, tanaman bunga mengeluarkan aroma yang kurang sedap dengan warna bunga warna warni seperti jingga, kuning dan merah. Bunga ini juga terbagi dua jenis yaitu tagetes erecta dan tagetes patula, hanya saja mungkin tidak banyak yang suka bunga ini karena baunya dan termasuk bunga yang sudah dikenal dan banyak itemukan di indonesia. Untuk mengusir nyamuk tergolong ampuh caranya tingal ditaruh di taruh disudut ruangan agar nyamuk menghindar.

Itulah daftar tumbuhan atau tanaman obat yang bisa mengusir nyamuk, tertarik untuk menanamnya bisa dicari di penjual bunga atau tanaman obat yang biasanya sering ditemukan di pinggir jalan.

Advertisement
KOMENTAR ANDA