Tempat Paling Dingin Di Dunia Dengan Suhu Minus 93,2 Derajat Celcius Telah Ditemukan

Tempat Paling Dingin Di Dunia Telah Ditemukan- Jika ditanya mana tempat terdingin di dunia maka kebanyakan orang akan mengatakan ‘Kutub Utara’nama kutub utara dikenal sebagai tempat dingin dengan temperatur rata-rata minus 29 derajat celcius.

Padahal jika dibandingkan dengan kutub selatan, kondisi suhu kutub utara kalah dingin dibandingkan dengan kutub selatan yang mencapai temperatur rata-rataminus 49 derajat celcius.

Baru-baru ini telah ditemukan tempat terdingin di dunia terletak dikutub selatan tepatnya di jantung benua Antartika dengan suhu mencapai minus 93,2 derajat Celsius sampai 94 derajat celcius.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, para ilmuwan mengatakan bahwa tempat itu termasuk tempat dengan suhu terendah dimuka bumi dan menglahkan catatan sebelumnya yang pernah menumemukan suhu terdingin minus 89,2 celcius yang juga berada di wilayah Antartika.

Suhu terdingin yang dapat membuat paru-paru bisa membeku dalam setiap terikan nafas itu, berada pada wilayah sepanjang 1000 km pada bagian tertinggi benua yang tertutup es tersebut. Puncak dingin menurut para peneliti terjadi pada musim dingin saat udara sangat kering.

Kondisi suhu terdingin di benua antartika itu, menurut Kepala ilmuwan Pusat Data Salju dan Es Nasional (NSIDC) Dr Ted Scambos, membuat beberapa tempat di Amerika Utara yang selama dikenal sudah dingin tampak jinak jika dibandingkan dengan temuan terbaru dibenua Antartika.

Beberapa tempat yang selama ini dikenal dengan suhu terdingin seperti puncak Greenland dengan suhu rata-rata minus 66 derajat Celcius atau Verkhoyansk Rusia sebuah tempat yang masih berada sekitar samudera Arktik dengan suhu mencapai minus 69 derajat celcius ternyata masih lebih dingin salah satu tempat di Antartika.

Pengukuran suhu yang dilakukan melalui satelit ini telah membuat catatan baru tempat terdingin di dunia yang mencapai angka minus 93 sampai 94 derajat celcius.

Advertisement
KOMENTAR ANDA