Tata Cara Berdoa Agar Dikabulkan Allah Yang Maha Kuasa

Semua orang menginginkan agar do’a yang dipanjatkan bisa dikabulkan dan diterima, Allah menerima semua do;a hambanya jika meminta dengan penuh kesungguhan. Hanya saja Allah SWT memiliki wewenang dan cara sendiri mengambulkan sebuah doa seorang hamba, ada yang ditunda atau memang ditolak karena tidak sesuai dengan kehendaknya.

Lalu bagaimana cara agar do’a istijabah? pertanyaan itu sering dilontarkan mereka yang merasa apa yang diminta tidak mendapat jawaban dari Allah.  Seperti telah disebutkan bahwa semua do’a bisa di terima asal dilakukan dengan penuh kesungguhan dan keyakinan kepada-Nya.

Hanya saja hampir kebanyakan orang merasa bahwa doanya tidak mendapat mendapat jawaban bahkan tidak jarang dari mereka merasa putus asa kemudian berhenti berdoa, padahal ‘Doa merupakan bagian dari ibadah’ yang harus dilakukan sebagai bentuk penghambaan pada Allah.

Adakalanya Allah menjawab doa seorang hamba sesuai dengan apa yang ia minta, namun demikian Allah juga akan memberikan jawaban (dikabulkan) dalam bentuk berbeda karena maha mengetahui apa yang terbaik bagi masing-masing hambanya.

Jika berdo’a misalnya : Ya Allah lancarkan urusan hamba, jadikanlah hamba seorang yang kaya raya, punya mobil banyak, tanah yang luas, bisa cepat naik pangkat, usaha laris dan sebagainya. Jika engkau mengabulkan doa hamba, maka hamba akan rajin bersedekah dan akan selalu ta’at beribah pada mu, Amin…… Itu janjisaat berdoa, tapi Allah maha mengetahui semua yang akan dilakukan oleh setiap hambanya.

Etika/Tata Cara Berdoa Agar Diterima 
1. Usahakan dalam keadaan suci
2. Menghadap ke arah kiblat
3. Sebaiknya melaksanakan sholat terlebih dahulu (wasta’inu bisshobri wassholah)
3. Membaca puji-pujian sebelum dan sesudah berdo’a
4. Membaca shalawat pada akhir dan awal doa
5. Sampaikan dengan suara lirih dengan penuh harap serta keyakinan
6. Kemudian serahkan semuanya pada-Nya

Berdoa bisa dilakukan kapan saja, siang atau malam namun jika benar-benar ingin bertemu dan berbicara dan bertemu langsung dengan-Nya untuk mengutarakan semua yang di inginkan, Allah selalu datang ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir atau sekita pukup 02.00 malam sampai fajar, sesuai hadits yang disampaikan Rasulullah SAW:

Caranya : Usahakan tidur lebih sore kemudian bangun sekitar sepertiga malam, mengambil wudhu’ kemudian dirikan sholat tahajud setelah itu sampaikan semua yang menjadi keinginan dengan segala kerendahan hati, dengan suara lirih penuh harap dan keyakinan, Lakukan setiap hari, sampai mendapat jawaban apa yang menjadi keinginan

Advertisement
KOMENTAR ANDA