Tanda-Tanda Stres Yang Biasa Muncul Pada Tubuh

Ciri dan tanda-tanda stres – Kebanyakan orang tidak menyadari dirinya mengalami stres, hal itu bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja berbarengan dengan kesibukan atau kecemasan yang dialami. Hanya saja tidak semua tahu dirinya sedang hal itu sampai pada akhirnya merasakan adanya gangguan ental dan fisik akibat dipicu stres yang berkepanjangan.

Tanda stres sebenarnya sudah mulai muncul saat seseorang sudah masuk merasakan kesibukan dan rutinitas yang banyak menyita waktu, faktor kelelahan menajadi salah satu pemicunya, namun pada umumnya mereka sama sekali tidak sadar sehingga tidak menghiraukan.

Stres memiliki dampak buruk terhadap kesehatan tubuh terutama pada sistem percernaan yang tidak berfungsi secara normal dan maksimal karena adanya gangguan seperti iritasi lambung dan sebagainya, Berikut ini adalah ciri dan tanda-tanda stres pada eseorang :

1. Nyeri Pada Rahang
Terasa nyeri pada rahang biasanya dirasakan setelah bangun tidur. Namun sakit rahang ini berbeda dengan sakit gigi. Anda mungkin bisa mebedakan antara sakit pada bagian rahang dan sakit gigi. Biasanya sakit seperti itu mudah hilang dalam waktu yang tidak lama dari perasaan ngilu yang dirasakan,untuk mengatasi hal itu cukup dengan melemaskan pada bagian rahang dengan urutan ringan dan tenangkan pikiran agar otot mengendor.

2.  Gatal Pada Kulit
Stres juga menimbulkan reaksi pada kulit seperti kulit terasa kering dan timbul rasa gatal pada kulit bagian tubuh tertentu. Jika mengalami hal itu coba anda perhatikan, apakah anda sedang stres akibat dari banyaknya kesibukan dan pikiran yang sedang mengganggu. Jika mengalami hal itu maka sebaiknya menghubungi dokter menghindari kemunkinan munculnya gejala lain pada tubuh

3. Gusi Terasa Sakit
Gusi terasa sakit, tapi anda mungkin merasa bukan pada gigi, jika hal itu yang dialami ada kemungkinan anda sedang megalami stres. Sakit yang timbul pada bagian tubuh tertentu seperti pada gusi ini dikarenakan menurunkan kekebalan tubuh yang disebabkan meningkatnya kadar hormon kortisol, sehingga terjadi peradangan pada bagian gusi. Untuk pencehahan sebaiknya banyak istirahat, konsumsi makanan sehat, dan vitamin

4. Kedutan
Jika anda pernah merasakan kedutan yang biasa terjadi pada mata atau bagian lain pada tubuh, bisa jadi anda sedang mengalami stres. Selama ini kebanyakan orang menganggap bahwa kedutan sebagai pertanda atau petunjuk akan adanya sebuah peristiwa yang akan terjadi, ternyata pendapat seperti itu tidak selamanya benar. Kedutan bisa terjadi karena stres yang dialami seseorang.

Cara mengatasi hal itu bisa dengan berpikir lebih rileks dan lebih santai, buang jauh hal yang mengganggu pikiran, kedutan akan muncul saat stres karena adanya kecemasan yang berlebihan, sebaiknya banyak istirahat dan berusaha mengalihkan permasalahan yang dapat menimbulkan stres dan kecemasan.

5. Rasa Mual
Mual salah satu dari gangguan pada sistem percernaan, hal itu bisa timbul karena stres berkepanjangan atau karena anda akan megalami stres. Perasaan stres pada seseorang dibarengi munculnya kecemasan yang berlebihan, cara mengatasi perbanyak gerakan tubuh bisa dengan berolah raga, senam agar otot-otot kemali kendur dan rileks.

Tanda-tanda stres bisa saja muncul saat anda sedang mengalami atau akan mengalami stres, karena itu sebaiknya selalu waspada dengan gejala seperti itu, karena jika tidak disadari akan memunculkan gangguan lain yang tentunya akan meruguikan kesehatan secara keseluruhan

Advertisement
KOMENTAR ANDA