Rute Jalur Busway Trans Jakarta (Bus Rapid Transit)

Busway TransJakarta atau Bus Rapid Transit merupakan sistem transportasi cepat dan aman serta memberikan kenyamanan dengan jalur tanpa hambatan karena angkutan ini menggunakan jalur khusus agar terhindar dari kemacetan, terlebih ditengah semakin tingginya aktivitas dan jumlah kendaraan di Jakarta baik kendaraan roda dua maupun roda empat yang kian menyesaki Ibu kota, sehingga angkutan yang mengambil model transportasi TransMilenio Bogota ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk memilih transportasi cepat, terjangkau untuk bepergian keberbagai wilayah di Jakarta

Masyarakat khususnya di Jakarta biasa menyebut Bus Rapid Transit dengan sebutan Bus Way demikian juga di Australia namun dibeberapa negara seperti Amerika Utara dan beberapa negara di Eropa menyebutnya dengan Quality Bus dengan sistem pelayanan yang bagus dan berkualitas dibanding pelayanan angkutan bus pada umumnya

BusWay berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris Bus dan Way yang memiliki arti Bus (Bis) Way (Jalan), jika diartikan menjadi Jalur Bus. Pada umumnya masyarakat mengartikan alat transportasi cepat yang mengadopsi sistem transportasi TransMilenio Bogota ini sebagai sebuah alat transportasi dengan jalur khusus tanpa hambatan dan anti macet.

Bus cepat yang menghubungkan antar wilayah di Jakarta ini, perencanaan awal pembangunan dimulai sejak tahun 1997 oleh seorang kunsultan asal Inggris, namun ide pembangunan itu muncul pada tahun 2001 pada masa gubernur DKI Sutiyoso yang kembali terpilih pada thn 2002. Pada awalnya sistem transportasi yang juga disebut Bus Rapid Transit akan bejalan pada jalur berlawanan dengan kendaraan lain atau arus lalu lintas yang ada, namun rencana itu dibatalkan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Pada 15 Januari 2004 Trans Jakarta mulai beroperasi dan berjalan pada koridor 1 Blok M. Dri 15-30 Janua ri melayani masyarakat Jakarta secara gratis sebagai bentuk pengenalan sebuah alat transportasi massal cepat dengan rute dan jalur khusus dengan harga tiket terjangkau.

Koridor BusWay (Trans Jakarta )
Koridor 1
Mulai beroperasi pada tanggal 15 Januari 2004 dan melayani masyarakat secara gratis (tidak membayar tiket) selama 15 hari dan baru beroperasi secara resmi mulai 01 Feb 2004 mengambil rute/Jalur Blok M-Kota.

Koridor 2
Sukses pada koridor sebelumnya dilanjutkan pada koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) yang beroperasi pada 15 anuari tahun 2006 memiliki rute sepanjang 14 kilometer terdiri dari 22 halte (pemberhentian). Pada tahun yang sama juga diluncurkan koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) melewati rawa buaya – Jembatan gantung – Pacenongan -Pasar baru

Untuk mengetahui secara lengkap daftar koridor dan rute bisa anda lihat di www.transjakarta.co.id

E-Ticketing Koridor Busway
Jika selama ini untuk pembelian tiket Busway dilakukan secara manual, sejak th 2013 diberlakukan E-Ticketing (tiket elektronik) walaupun masih terbatas pada koridor 1 dan 2 Blok M-Kota dan Kalideres-Harmoni, selanjutnya akan berlaku untuk semua koridor.yang akan dilakukan secara bertahap.

Pengunaan E-Ticketing bertujuan untuk efisiensi waktu, cepat dan praktis serta kemanan dalam bertransaksi lebih terjamin. Disamping penggunaan e-ticketing akan memudahkan bagi penumpang karena tidak harus direpotkan dengan uang kembalian dan cukup menggunakan kartu yang dikeluarkan 5 Bank salah satu diantaranya Bank BCA.

Cara Pembelian Tiket Elektronik Busway
Untuk membeli tiket eleektronika cukup menggunakan kartu dari salah satu 5 bank yang mengeluarkan kartu tersebut. seperti Bank BNI, BCA, Mandiri, BRI dan Bank DKI, tiket elektronik menggunakan sistem e-money dan memotong deposit yang ada dalam kartu dan dapat diisi ulang. Kartu ini dapat dibeli dikoridor terdekat

Advertisement
KOMENTAR ANDA