Penyebab Tidak Menerima Kabar Setelah Wawancara Kerja Dari Perusahaan

Setelah melalui proses wawancara calon karyawan akan merasa puas karena telah dapat melalui dengan baik terlebih jika sudah merasa mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan pewawancara dengan baik dan tinggal menunggu kabar selanjutnya diterima atau tidak anda bekerja ditempat tersebut.

Masa menunggu, seperti banyak ungkapan, termasuk pekerjaan yang membosankan bahkan terasa waktu berjalan dengan sangat lambat, sedangkan kabar yang dinanti tidak kunjung tiba, ada apa gerangan?

Harap-harap cemas menunggu kabar atau pemberitahuan dari perushaan tempat kita melamar kerja masalah biasa dan umum dirasakan bagi pelamar kerja, namun jangan terlalu terburu-buru berasumsi bahwa anda kemungkinan ditolak dan gagal bekerja di perusahaan tersebut.

Ada beberapa penyebab yang mungkin anda tidak dapat kabar dari perusahaan terkait hasil wawancara yang telah anda lakukan :

1. Kesalahan Menulis Nomor Kontak
Ada kemungkinan anda salah menulis nomor telpon anda saat membuat surat lamaran kerja, coba anda pastikan memerikasa ulang copy surat lamaran kerja yang pernah di ajukan pada perusahaan tersebut untuk memastikan bahwa anda telah menuliskannya dengan benar.

Jika ternyata anda menemukan ada kesalahan penulisan baik pada email, nomor ponsel atau alamat segera konfirmasi pada perusahaan untuk perbaikan sehingga perusahaan bisa menghubungi anda untuk mengabarkan hasil wawancara.

2. Masalah Waktu
Kabar yang anda tunggu tidak kunjung datang, ada kemungkinan pihak perusahaan masih melakukan seleksi untuk memilih calon karyawan yang tepat sesuai hasil wawancara. Karena bukan tidak mungkin ada pelamar lain yang juga memiliki potensi yang sama dengan anda sehingga perusahaan butuh waktu untuk mempertimbangkan salah satunya, mana yang lebih pantas untuk menduduki jabatan pada posisi tersebut, Anda atau calon lain?

3. Proaktif
Perusahan ada pada posisi harus memilih bukan dipilih, karena itu sebaiknya anda bersikap lebih proaktif dengan cara follow up pada pihak perusahaan misalnya berkirim surat melalui email dengan isi surat berupa ucapan terima kasih sambil meyakinkan perusahaan bahwa anda benar-benar sangat antusias dan merasa cocok dengan pekerjaan itu

4. Kesalahan Menjawab Pertanyaan
Meskipun anda telah merasa berhasil melewati proses wawancara dengan baik bukan tidak mungkin ada jawaban yang kurang tepat pada saat wawancara, misalnya saat anda ditanya gaji mungkin anda terlalu besar menentukan gaji atau hal lain yang membuat perusahaan merasa kurang pantas menempatkan anda pada posisi tersebut

5. Sudah Ada Pilihan 
Mungkin perusahaan telah menentukan pilihan lain yang dianggap lebih tepat untuk menduduki posisi tersebut tapi anda tidak perlu risau karena bisa saja pekerjaan itu memang kurang cocok untuk anda, sebar dan terus mencoba di perusahaanyang menyediakan tempat lebih cocok untuk anda

Advertisement
KOMENTAR ANDA