Misteri Bunga Wijaya Kusuma Khasiat Dan Manfaatnya

Bunga Wijayakusuma (epiphyllum anguliger) adalah jenis bunga yang dipercaya sebagian orang sebagai bunga misterius terutama bagi meraka yang percaya hal-hal mistis. Menurut mitos yang berkembang dimasyarakat bahwa bunga ini bisa membawa keberuntungan terutama mereka yang bisa menyaksikan saat bunga itu mekar.

Bunga dengan aroma harum itu mekar hanya pada waktu-waktu terbatas atau hanya pada malam hari menjelang tengah malam dan kesokan harinya sudah layu. Jadi bagi kebanyakan orang akan menemukan  bunga itu sudah layu pada pagi harinya, mungkin karena itu pula kenapa bunga itu dianggap mistis.

Nama pada bunga juga itu sering dikaitkan keberuntungan, Wijaya yang berari kemenangan sedangkan Kusuma berarti Kembang dan menjadi Bunga Kemenangan atau bunga yang bisa membawa keberuntungan.

Bahkan konon bunga itu hanya tumbuh ditempat-tempat tertentu saja, atau tempat yang memang cocok untuk tumbuhnya bunga tersebut misalnya ditempat yang tidak terlalu panas atau teduh. Bunga Wijayakusuma banyak ditemukan di pulau Jawa, seperti wilayah Surakarta, Bali dan Madura

Asal Usul Bunga Wijaya Kusuma
Terlepas kepercayaan sebagian orang akan mitos seputar Bunga Wijayakusuma sebenarnya bunga ini berasal dari Amerika tropika (Venezuela dan Caribia) dan bisa hidup pada lingkungan atau iklim tropis dan sedang.

Bahkan tanaman bunga ini juga bisa tumbuh dengan baik pada pot sebagai tanaman hias, tapi jangan terlalu banyak berharap tanaman itu akan berbunga sesuai keinginan disamping perlunya perawatan untuk bisa menikmati bunga ini mekar pada malam hari, kondisi lingkungan dan iklim juga sangat menentukan.

Mungkin hal itu juga yang menjadi alasan bunga itu dianggap penuh misteri, karena kebanyakan tanaman kaktus sangat mudah mengeluarkan bunga, tapi tidak demikian dengan bunga Wijaya Kusuma

Mitos yang berkembang dimasyarakat, khususnya di Jawa seperti Jogja dan Surakarta, seorang raja yang akan naik tahta diharuskan memiliki bunga Wijayakusuma sebagai syarat dan juga dipercaya sebagai pusaka keraton Dwarawati titisan Wisnu sang pelestari Alam.

Ciri Khas Bunga Wijaya Kusuma
Tanaman kaktus masuk dalam keluarga jenis tumbuhan berbunga dan bisa ditemukan  pada kondisi lingkungan kering dan gersang (gurun). Biasanya tanaman ini mudah mengeluarkan bunga dan banyak dijadikan sebagai tanaman hias dan memiliki umur panjang

Bebeda dengan Wijaya Kusuma meskipun tanaman ini masuk dalam keluarga kaktus, tapi sulit untuk mengeluarkan bunga jika iklim tidak sesuai dengan karakteristik bunga misterius itu. Untuk menanam di pot sebaiknya buat media tanama dengan campuran lumut dan pasir, letakkan pada tempat yang tidak terlalu panas.

Bentuk batang pada kaktus terdiri dari helaian daun berbentuk pipih dan  mengeras dengan ketinggian bisa mencapai 3 meter dari permukaan tanah. Daun tanaman ini tampak halus dan tidak punya duri seperti jenis kaktus pada umunya, bagian pinggirnya berbentuk lekukan sebagai tempat tumbuhnya tunas.

Manfaat dan Khasiat Bunga Wijayakusuma
Selain bunga ini dianggap misterius dan pembawa keberuntungan ternyata bunga ini tenyata bunga ini juga bisa dibuat sebagai bahan obat tradisonal diantaranya bermanfaat untuk menyembuhkan bisul dan abses atau jenis penyekit lain

Untuk mengobati bisul caranya cukup ambil bunga wijaya kusuma lalu tumbuh halus dan usapkan pada bisul, lakukan secara teratur, sedangkan untuk menyembuhkan luka akibat abses bisa dengan cara mengambil daunnya lalu ditumbuk halus setelah itu oleskan pada luka

Advertisement
KOMENTAR ANDA