Keajaiban Sedekah Dapat Menambah Panjang Umur

Sedekah dapat menambah umur serta dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Tidak semua orang percaya bahwa mengeluarkan sebagian dari rezeki yang kita miliki dapat menambah hidup di dunia lebih lama dan panjang umur, Allah SWT memiliki wewenang atas semua apa yang dikehendaki termasuk menambah panjang umur bagi salah seorang hambanya.

Disamping dapat menambah umur, gemar bershadaqah dapat menghilangkan dan menyembuhkan penyakit, sehingga sangat beruntung bagi orang-orang yang membiasakan diri memberikan rezekinya pada orang yang membutuhkan dengan sukarela dan ikhlas hanya karena berharap ridha Allah, Dengan demikian Allah akan memberikan bonus bagi mereka yang biasa bersedekah berupa kesehatan jasmani serta bisa panjang umur.

Kematian bagi setiap manusia suatu kejadian yang tidak akan pernah terhindarkan serta menjadi rajasia yang maha kuasa, namun hidup lebih lama akan memberikan kesempatan lebih banyak bagi kita untuk bisa memperbaiki diri atas semua kekhilafan yang pernah diperbuat dalam hidup.

Pengertian Shodaqoh
Shadaqah (sedekah) berasal dari bahasa arab yang berarti ‘Benar’ atau membenarkan sesuatu. Secara umum shodaqoh adalah pemberian yang dilakukan seseorang pada orang lain tanpa berharap imbalan dan semata-mata dilakukan hanya untuk mendapat ridha Allah SWT, adapun besarannya tidak terbatas, sesuai kemauan dan keikhlasan hati.

Pengertian lain, Shodaqoh adalah pemberian yang dilakukan seseorang bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan khususnya para fakir-miskin atau orang yang sedang dalam kesusahan secara ekonomi karena sesuatu hal misalnya bersedekah pada orang yang sedang kehabisan ongkos dalam perjalanan dan sebagainya

Memperpanjang Umur Dengan Sedekah
Sebuah kisah yang pernah dialami Nabiyallah Ibrohim. Pada suatu ketika nabi Ibrahim kedatagan seorang pemuda yang memberi tahukan bahwa dirinya akan menikah esok pagi. Namun setelah pemuda tersebut meninggalkan kediaman Ibrahim tiba-tiba malaikat maut datang menemui Ibrahim dan menanyakan perihal pemuda tadi.

Mendapat pertanyaan itu Ibrahim menjelaskan bahwa pemuda tadi adalah ‘Murid sekaligus sahabat bagi dirinya’ yang sengaja datang untuk memberitahukan rencana pernikahannya esok pagi. Mendengar penjelasan itu kemudian malaikat maut mengatakan pada nabi Ibrahim bahwa umur anak muda itu tidak akan sampai besok pagi karena ia akan mencabut nyawanya malam itu juga sesuai yang telah ditetapkan Allah SWT.

Mendengar keterangan yang disampaikan malaikat maut, nabi Ibrahim bermaksud akan mendatangi anak muda tersebut untuk memberitahukan apa yang telah di dengarnya dari malaikat kematian, namun akhirnya memutuskan untuk tidak memberitahu hal itu dan membiarkan kematian menjadi rahasia Allah SWT.

Hal yang mengejutkan Nabi Ibrahim ternyata pada keesokan harinya pemuda yang juga muridnya itu, masih dalam keadaan segar bugar bahkan masih dapat melangsungkan pernikahannya sesuai rencana, sehingga apa yang dijelaskan malaikat maut bahwa anak muda itu akan meninggal malam itu tidak terbukti.

Melihat kenyataan bahwa pemuda itu masih segar bugar dan tidak meninggal malam itu, ada ketidak pahaman dalam hati Ibrahim, mengapa malaikat maut berkata yang tidak benar?, padahal malam itu malaikat maut mengatakan bahwa usia pemuda itu tidak akan sampai besok pagi. Hari demi hari, bulan dan tahun pun berganti sampai suatu ketika nabi Ibrahim bertemu kembali dengan laikat kematian

Saat itulah Ibrahim bertanya pada malaikat kematian mengapa waktu itu mengatakan sesuatu yang tidak benar. Malaikat maut menjawab bahwa malam itu seharusnya ia mencabut nyawa anak muda itu, tapi Allah mencegahnya karena malam pernikahannya Anak muda itu telah menafkahkan separuh hartanya pada fakir miskin sehingga Allah memutuskan untuk menambah umur pemuda itu hingga usia 70 tahun.

Sedekah Dapat Menyembuhkan Penyakit
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan (H.R. Ath-Thabrani) menjelaskan bahwa sedekah dapat mengobati orang sakit

Bershodaqah tidak harus menunggu sampai memiliki banyak harta kekayaan, cukup memberikan sesuai kemampuan asal dilandasi dengan kerelaan dan keikhlasan hati untuk membantu sesama. Tidak ada batasan seberapa banyak yang harus dikeluarkan asal diberikan dengan ketulusan dan semata-mata berharap Ridha Allah maka akan mendapat balasan pahala yang setimpal

Advertisement
KOMENTAR ANDA