Keajaiban Di Gaza: Ratusan Ikan Pari Terdampar Di Pantai Jadi Berkah Bagi Warga

Gaza Palestina sebuah kota yang selalu dilanda konflik, namun selalu ada keajaiban di tengah penderitaan warga Gaza dengan kondisi hidup yang tidak menentu. Beberapa waktu lalu sebelum serangan Israel 8 juli lalu sebuah kejadian aneh muncul di pantai Gaza.

Ratusan ikan para terdampar secara misterius di pantai Gaza City, sehingga bisa menjadi berkah dan rezeki bagi warga yang pada umumnya mengalami kesulitan ekonomi ditengah konflik berkepanjangan dan blokade dengan negara Israel.

Peristiwa terdamparnya ratusan ikan pari jenis mobula tersebut terjadi pada bulan februari lalu dan termasuk jenis ikan yang disukai banyak warga di Gaza. Ikan pari jenis mobula termasuk jenis pari berharga mahal dan sulit ditemukan di pasaran.

Kebanyakan warga bisa membelinya jika di datangkan dari Mesir melewati terowongan bawah tanah. Namun dengan kejadian itu warga dapat menikmati ikan-ikan itu tanpa susah-susah untuk mendapatkannya.
Terdemparnya ikan-ikan tersebut membuat pakar ikan pari asal Universitas Santa Rosa di California, Bob Rubin penasaran dan berusaha menguak misteri tersebut, namun tidak berhasil.

Bahkan ia mengatakan kejadian itu menurutnya sangat aneh karena selama dirinya bekerja di teluk California selama bertahun-tahun dan biasa menyaksikan ikan-ikan pari jenis mobula, namun tidak pernah menmukan fenomena aneh, dimana ratusan mobula bisa terdampar begitu saja di pantai.

Namun ia menambahkan bahwa dirinya tidak bisa berspekulasi, penyebab ikan-ikan itu terdampar tanpa melalui pemeriksaan terlebih dahulu kondisi ikan seperti ingsang dan kondisi bagian dalam ikan.

Sementara ia menduga, kemungkinan  adanya suara bawah air atau sinyal listrik yang telah menjadi penyebab ikan itu terdampar, tapi semua itu menurutnya hanya tebakan dan tidak bisa memastikan.

Sedangkan menurut nelayan setempat peristiwa itu tidak hanya terjadi saat itu saja, karena sebelumnya sudah pernah terjadi hal serupa, bahkan ratusan ikan terdampar di pantai dan mereka yakin semua itu sengaja diberikan Allah AWT untuk warga.

Ikan pari termasuk jenis ikan yang dilengkapi dengan senjata mematikan untuk melindungi diri di kedalaman laut dari para pemangsa seperti hiu atau jenis ikan buas lainnya.

Selain itu, pari terbilang gesit dan piawai menghindarkan diri dari serangan pemangsa bahkan menurut banyak cerita nelayan, ikan pari bisa tebang melintasi perahu-perahu nelayan sehingga akan sulit terdampar di pantai seperti yang terjadi di Gaza kalau bukan karena kehendak Allah semata. Hal itu juga seperti telah disampaikan Bob Rubin bahwa kejadian itu terbilang aneh dan tidak pernah ia alami selama ia bekerja sebagai seorang ahli di teluk california.

Advertisement
KOMENTAR ANDA