Jenis Makanan Untuk Mengatasi Kurang Darah (Anemia)

Penyakit anemia atau kurang darah merupakan sebuah kondisi dimana sesorang akan merasa lemas, tidak bertenaga dan mudah capek sehingga semua aktivitas dan produktivitas yang mengandalkan tenaga secara tidak langsung akan terganggu, bahkan jika tidak segera diatasi bisa membahayakan jiwa penderitanya.

Anemia disebabkan banyak hal misalnya karena adanya penyakit tertentu yang menyerang penderita tanpa disadari seperti penyakit akibat gangguan pada ginjal, atau penyakit lain, kekurangan vitamin C, vitamin B12, asam folat atau unsur lain yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah (hemoglobin)

Kurang darah biasanya ditandai menurunnya sel darah merah atau sebaliknya karena sel darah merah yang melebihi batas normal dalam darah sehingga mengakibatkan terganggunya transportasi okesigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Adapun gejala yang timbul bagi penderita anemia diantaranya kulit tampak memucat, cepat lelah, kepala sering sakit, nafsu makan berkurang, sembelit dan masih banyak gejala lain yang perlu diwaspadai

Disamping adanya penyakit dalam tubuh dan dapat menimbulkan terjadinya anemia, kekurangan zat besi juga bisa menjadi salah satu faktor eseorang menderita kurang darah, berikut ini makanan yang dapat membantu menambah darah secara efektif diantaranya:

1. Brokoli
Brokoli merupakan jenis sayuran yang juga sudah sangat dikenal meskipun mungkin tidak semudah mengenal bayam. Brokoli memiliki banyak manfaat serta memiliki kandungan gizi lengkap yang dibutuhkan untukkesehatan tubuh diantaranya zat besi, serat, vitamin seperti vitamin C, B A dan lainnya.

Karena itu untuk penderita anemia sangat baik konsumsi sayuran ini untuk bisa meningkatkan sel darah merah dalam darah

2. Ikan Laut
Ikan dikenal sebagai makanan yang mengandung asam lemak omega-3 serta beberapa jenis hewan laut lainnya seperti tiram, kerang, udang dll merupakan sumber zat besi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh

3. Hati Ayam
Hati ayam  mempunyai kandungan zat besi 9 miligram per 100 gram hati ayam, zat besi juga dapat ditemukan pada hati sapi walaupun kadarnya lebih rendah atau 7 mg, kalori 135 kkl, sehingga sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita anemia.

4. Daging Merah
Daging sapi sangat baik untuk menambah darah dan sangat disarankan untuk meningkatkan sel darah merah, cuma sebaiknya pilihlah daging merah yang tidak mengandung banyak lemak, biasanya pada bagian belakang punggung (rump)

5. Beras merah
Beras merah memiliki banyak manfaat serta memiliki banyak kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya orang yang sedang diet lebih memilih beras ini untuk membuat nasi walaupun dari segi rasa mungkin lebih enak beras putih dan lebih manis, tapi bagi mereka yang sudah terbiasa makan beras merah  sudah tidak ada perbedaan rasa untuk memenuhi selera makan.

Beras merah mengandung zat besi serta banyak vitamin seperti vitamin B1, B3 dan B6 yang mencapai 90 persen. Kandungan zat besi 60 persen membuat beras merah ini sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita anemia

6. Buah Strawberry
Strawberry kaya akan manfaat bagi tubuh diantaranya sebagai antioksidan yang berfungsi menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan yang ada didalamnya seperti zat besi, vitamin, kaya serat, rendah kalori, folat dan sebagainya. Buah ini baik dikonsumsi bagi mereka yang kurang darah untuk menambah hemoglabin serta dapat membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh

7. Daun Bayam
Bayam adalah jenis sayuran yang sudah sangat dikenal bahkan paling disukai banyak orang, disamping rasanya yang menyegarkan mengolahnya pun juga tidak sulit karena bisa cukup dibuat sayur bening saja sudah bisa mengundang selera makan.

Kandungan zat besi dalam sayuran ini sangat baik bagi penderita anemia untuk meningkatkan hemoglobin
dalam darah. Selain itu bayam juga sangat bermanfaat untuk melawan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker serta masih banyak manfaat lain yang dapat ditemuan dalam sayuran ini

8. Kentang
Kentang adalah jenis umbian yang mudah ditemukan dipasaran, seperti halnya bayam dan brokoli, dan memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin bagi penderita anemia

Beberapa jenis makanan tersebut sangat baik untuk membantu mengingkatkan dan menambah darah bagi mereka yang menderita penyakit kurang darah (anemia).

Advertisement
KOMENTAR ANDA