Jenis Batu Akik Terkenal Dan Populer Di Masyarakat

Batu akik adalah jenis batu alam yang sudah mengkristal dan terdiri dari berbagai macam corak dan warna yang indah sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri. Karena keindahan nya itu pula membuat batu itu semakin digandrungi banyak orang terutama bagi penghobi dan kolektor

Masing-masing warna pada batu alam ini biasanya memiliki nama tersendiri misalnya zamrud pada umumnya berwarna hijau bening, batu yakut (zircon) berwarna kuning/keemasan, batu safir biru yang biasa disebut blue saphire

Batu akik pada umumnya banyak ditemukan didalam  perut bumi dengan kedalaman terntentu sehingga untuk bisa mendapatkannya harus melakukan penggalian atau dengan cara penambangan.

Nama Dan Jenis Batu Akik
Batu akik terdiri dari berbagai macam jenis, baik berdasarrkan warna, nama atau asal ditemukan. Misalnya batu sesuai asal batu itu ditemukan seperti batu lavender spiritus baturaja, batu garut, batu cempaka, lumut aceh, batu sungai dareh dan lain-lain

Berikut ini beberapa jenis batu akik yang sudah sangat dikenal dan populer masyarakat dengan harga jual yang cukup mahal :

Batu Emerald/Zamrud
Jenis batu ini konon sudah dikenal sejak ribuan tahun dan merupakan salah satu jenis batu berharga di dunia dan sudah sangat dikenal di banyak negara.  Pada umumnya batu zamrud berwarna hijau bening bercahaya, biasanya semakin jernih/jelas (clarity) batu nilainya akan semakin mahal, ukuran pada batu juga menentukan nilai harga

Batu Saphire
Selain batu zamrud, jenis batu safir termasuk dari salah satu batu yang juga sudah sangat dikenal di dunia dan mempunyai harga tinggi. Nilai batu secara umum terletak pada warna nya semakin intens warna pada batu, maka akan semakin bernilai.

Safir pada umumnya memiliki warna biru sehingga sering juga disebut blue sapphire. Namun untuk membeli jenis batu berharga diperlukan ketelitian karena tidak jarang batu berharga seringkali dipalsukan menyerupai batu aslinya, bahkan bagi yang masih awam akan sulit membedakan.

Batu Ruby
Batu Ruby pada umumnya berwarna merah, tapi juga ada warna skunder seperti warna merah muda, violet dan ungu dan termasuk masuk dalam jajaran batu yang disukai banyak orang . Untuk mengetahui keaslian pada batu ini dilihat dari ketidak sempurnaan dan salah satu cirinya tingkat kejernihan pada batu tidak terlalu tinggi.

Batu ruby juga sering disebut batu merah delima, walaupun pada umumnya nama batu merah delima seringkali dikaitkan dengan cerita mitos, dimana batu merah delima asli berasal dari alam ghaib serta memiliki daya magis.

Batu Kalimaya
Batu kalimaya sudah sangat dikenal di Indonesia. Konon batu ini sudah dikenal sejak ribuah tahun lalu. Batu kalimaya sebagian besar banyak ditemukan di Australian, tapi ada juga dari Turki, Ceko, Brasil bahkan juga di Indonesia.

Batu kalimaya disebut juga batu’Opal’ serta memiliki berbagai macam warna dasar seperti warna putih agak keabu-abuan, coklat, hijau, pink dan hitam. Ciri khas pada batu ini terletak pada warna yang keluar dari dalam batu yang terdiri dari berbagai macam warna layaknya warna pelangi sehingga membuat batu ini terlihat sangat indah.

Advertisement
KOMENTAR ANDA