Efek Samping Minum Obat Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi penderita insomnia minum obat tidur seringkali dijadikan sebagai solusi mudah agar bisa mendapatkan tidur lebih nyenyak, padahal menggunakan obat-obatan semacam itu justru akan membuat kondisi tubuh jauh lebih buruk.

Hal seperti itu banyak dialami kalangan profesional. Banyaknya pekerjaan dan jadwal kerja yang padat membuat kehilangan waktu untuk beristirahat atau sering kali mengalami kesulitan tidur. Untuk mengatasi masalah yang dihadapi tak sedikit mereka yang memilih cara mudah dengan konsumsi pil tidur tanpa memikirkan efek samping yang akan ditimbulkan

Obat tidur memang sangat membantu untuk menginduksi tidur walaupun hal itu hanya diperoleh dalam jangka pendek, tapi dianggap sebagai solusi untuk bisa mendapatkan kualitas lebih baik, padahal efek yang akan timbuk justru akan lebih berbahaya dibandingkan kurang tidur itu sendiri.

Berikut ini efek samping obat tidur jika dikonsumsi terlalu sering terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan :

1. Kualitas Nafas Berkurang
Biasanya orang yang konsumsi obat tidur, bisa dilihat dari cara bernafas yang terlihat lebih pelan dan kurang dalam sehingga obat-obatan seperti sangat tidak baik bagi penderita asma atau gangguan pernafasan
2. Nafsu Makan Berkurang
Oabt tidur bisa menggangu cara kerja metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi nafsu makan.
3. Ketergantungan
Akibat keseringan konsumsi obat tidur dapat menimbulkan ketergantungan sehingga pada saat tidak meminumya akan membuat semakin tidak bisa tidur, jika terjadi dalam waktu lama bisa berakibat buruk terhadap kesehatan secara keseluruhan.
4. Terasa Linglung
Setelah konsumsi obat tidur biasanya pikiran akan lebih rilekdan tubuh pun akan terasa lebih nyaman sehingga bisa terlelap, namun setelah terbangun efek itu akan muncul seperti kepala terasa sakit, linglung, berpikir kurang jernih dan sering lupa
5. Badan Gemetar
Badan gemetar (parasomnia)merupakan efek samping yang secara umum dari yang ditimbulkan karena sering konsumsi obat tidur, seperti badan gemetar dan kepala terasa berputar, keluar keringat dingin dan perut terasa mual.
Banyaknya efek samping yang bisa ditimbulkan obat tidur sebaiknya tidak terburu-buru menggunakan obat-obatan untuk mengobati kesulitan tidur, karena cara lain yang lebih aman dan menyehatkan tentu masih sangat terbuka misalnya dengan cara banyak berolah raga, refresing atau berpikir lebih positif, dengan demikian akan mengetahui lebih jauh penyebab utama kesulitan tidur yang dialami.
Advertisement
KOMENTAR ANDA