Cerita Legenda Putri Duyung Dalam Berbagai Budaya Di Dunia

Putri duyung digambar sebagai seorang wanita cantik dengan separuh ikan dan hidup ditengah di kedalaman lautan yang luas. Namun terkadang ia terkadang menampakkan diri dan berenang diatas permukaan laut saat kapal-kapal melintas ditengah samudera.

Menurut cerita, tubuh putri duyung layaknya tubuh manusia dari pinggang hingga kepala, dengan rambut hitam berurai dengan paras yang jelita. Sedang tubuh dari pinggang ke bawah menyerupai ikan laut dengan sisik yang lembut.

Munculnya makhluk ini baik dipermukaan laut atau di pantai selalu dikaitkan dengan kemungkinan adanya peristiwa besar seperti banjir, badai atau gelombang besar yang akan menghempas kapal-kapal yang sedang berlayar di tengah samudera.

Dalam berbagai cerita makhluk ini digambarkan sebagai seekor ikan yang mempunyai naluri mirip manusia dengan sifat dan perilakunya yang sangat dan suka menolong orang yang sedang dalam kesusahan ditengah laut seperti disaat ada musibah kapal karam, konon puteri duyung suka datang memberi bantuan

Asal Usul Putri Duyung
keberadaan putri duyung muncul dalam berbagai cerita dan budaya di berbagai negara di dunia walaupun dengan kisah berbeda, tapi tetap dipercaya bahwa putri duyung digambarkan sebagai seekor ikan berwujud manusia yang cantik dengan rambut panjang terurai.

Bahkan beberapa waktu lalu dunia pernah digemparkan dengan beredarnya video rekaman penampakan puteri duyung asli di Di Pantai Kiryam Yat Israel .Dalam video itu tampak jelas seekor ikan bertubuh manusia sedang berbaring diatas batu karang di pantai dan akhirnya melompat ke tengah lautan setelah orang itu mendekat Baca : Video Penampakan Puteri Duyung Asli Di PantaiKiryam Yat Israel

Cerita Versi Yunani
Sedangkan dalam dalam Legenda Yunani Duyung digambarkan sebagai sosok manusia separuh ikan dan selalu muncul ditengah lautan yang luas saat ada kapal yang melintas. Konon kehadirannya untuk menggoda para pelaut yang lalai dan bisa menjadi akhir dari hidup sang pelaut.

Namun ada cerita dalam versi berbeda puteri duyung akan selalu mencegat kapal-kapal yang melintas untuk bertanya tentang keadaan kakaknya, Apa masih hidup? Konon makhluk lain ini merupakan jelmaan dari seorang puteri Thessalonike adik dari Alexander Agung yang meninggal kmudian menjelma menjadi ikan karena dosanya yang mencintai kakaknya sendiri. Sejak saat itu ia menjadi penghuni kedalaman laut Aegea dan selalu muncul saat ada kapal melintas untuk menanyakan perihal sang kakak yang dicintai

Cerita Versi Assyria
Dalam berbagai kisah, putri duyung konon jelmaan dari seorang putri kerajaan yang di kutuk menjadi seekor ikan. Cerita ini berawal dari sebuah kisah tentang seorang puteri kerjaan Assyria bernama Dewi Atargatis yang tertarik pada seorang pria gembala dan kemudian pria itu dibunuh olehnya lantaran menolak sang puteri yang sudah bersuami dan merupakan Ibunda ratu Assyria, Semiramis

Karena merasa malu kemudian Sang puteri menenggelamkan diri kelaut dan mengubah dirinya menjadi seekor ikan. Berhubung aura keputriannya yang sangat kuat membuat dirinya tak mampu mengubuh seluruh tubuhnya menjadi ikan.

Assyria sendiri merupakan sebuah wilayah dikawasan sungai tigris yang terletak antara Mesopotamia bagian utara dan Babylonia bagian selatan. Kekaisaran Assyria dikenal sebagai wilayah kerajaan yang mengawal kerajaan-kerajaan besar pada masa waktu yang berlainan, berdiri pada 609 SM dan berakhir pada tahun 934 SM. Antara periode tersebut Assyria dikenal sebagai kerajaan terkuat di dunia dan mendominasi sebagian besar kawasan seperti Babilonia, Mesir dan Armenia

Jika ikan duyung merupakan jelmaan dari dari wilayah kerjaan tersebut tentu sudah dapat dibayangkan bahwa ia memiliki paras yang sangat cantik dan jelita seperti yang digambarkan dalam berbagai kisah legenda.

Kisah Puteri Duyung Versi Indonesia
Berbeda negara dan budaya berbeda pula cerita puteri duyung, di Indonesia misalnya  Sulawesi Tengah juga memiliki kisah tersendiri asal usul puteri duyung. Konon ada sebuah keluarga petani bersama ke tiga orang anaknya. Suatu ketika sang suami mencari ikan dilaut dan mendapatkan ikan cukup banyak

Paginya ikan itu dimakan untuk sarapan bersama keluarga dan ternyata tidak habis. Sebelum berangkat ke ladang kemudian sang suami berpesan agar ikan tersebut di taruh untuk makan siang. Namun si kecil menangis dan selalu meminta sisa ikan tersebut sampai akhirnya habisa dimakan

Setelah saminya pulang ia marah lantaran pesannya tidak di indahkan oleh sang istri meskipun istrinya sudah memberi alasan bahwa anak bungsunya selalu merengek meminta sisa ikan, namun tetap tak membuat kemarahan sang suami reda dari kemarahannya, sampai akhirnya istrinya tidak tahan dan pergi dari rumah.

Sampai keesokan harinya istrinya tetap tidak datang kemudian menyuruh ketiga anaknya untuk mencarinya ibunya ke pantai, setelah ke tiga anak itu memanggil-manggil nama ibunya, tiba-tiba sosok perempuan meuncul dari lautan membawa ikan ditangannya, ketiga anak itu pun merasa gembira karena itu memang ibunya yang dicari.

Sang Ibu masih sempat menyusui anaknya yang bungsu, setelah selesai kemudian ia menyuruh ke-3 anaknya pulang, namun anak-anaknya menolak karena Ibunya tidak ikut pulang, namun setelah membujuknya ketiga anak itu dan berpesan agar keali keesokan harinya,a akhirnya mereka pulang dengan membawa ikan banyak untuk sarapan seperti kebiasaan yang dilakukan keluarga itu.

Keesokan paginya ke-3 anak itu kembali kepantai setelah memanggil nama Ibunya sang Ibu pun muncul dari tengah lautan dengan membawa ikan di tengannya dan seperti biasanya si bungsu pun menyusu sampai akhirnya tanpa disadari ketiga anaknya melihat separuh kebawah tubuh sang ibu yang ada dalam air ternyata berbentuk ikan dan bersisik.

Advertisement
KOMENTAR ANDA