Burung Lovebird Jadi Peluang Usaha Menjanjikan

Tren burung Lovebird telah melanda sebagian wilayah di Indonesia, meskipun kebanyakan orang mungkin tidak begitu mengenal jenis burung ini karena baru dalam beberapa tahun terakhir ini burung love bird menjadi primadona bagi kalangan pencinta burung karena kicauan dan bulunya yang indah.

Harga lovebird yang bisa mencapai puluhan tidak disia-siakan oleh para pebisnis burung Jika selama ini burung ini dipelihara karena penampilan dan keindahan bulunya namun belakangan love bird semakin diminati karena burung ini memiliki bunyi yang khas dan terasa enak didengar terutama bagi para pencinta burung.

Hal menarik lain dari burung satu ini karena mempunyai beraneka ragan jenis dengan bulu warna berbeda, itu pula yang menjadikan burung ini kian populer bahkan mereka yang biasanya tidak begitu menyukai burung akan tertarik walaupun mungkin hanya sekedar tertarik karena burung ini memiliki nilai ekonomis tinggi,sehingga wajar jika belakangan ini menjadi buruan banyak orang khususnya mereka yang hanya sekedar ingin beternak sebagai peluang usaha sampingan Harga burung love bird sendiri menurut salah seorang peternak bisa menjapai juataan rupiah, misalnya untuk anakan lovebird jenis Lutino saja bisa dihargai 3 juta rupiah dan masih banyak jenis lain yang tentunya akan lebih mahal apalagi jika sudah dewasa dan sudah bisa berkicau.

Jenis-Jenis Burung Lovebird Burung ini memiliki banyak jenis dengan tampilan bulu berbeda serta memiliki ciri khas tersendiri baik warna maupun ukuran besar pada masing-masing jenis, walaupun tidak menutup kemungkinan masing-masing daerah akan memiliki sebutan berbeda terhadap burung yang suka menjadi incaran pencuri karena harganya yang terbilang tinggi. Adapun asal asul burung love bird ini banyak memang kurang jelas karena banyak yang menyebutkan dengan asal berbeda bai daerah maupun negara.

Cuma burung ini bernama ilmiah genus Agapornis  bahasa yunani : agape yang berarti cinta, sedangkan ornis berarti burung sehingga dalam bahasa inggris burung ini desebut (love bird) atau burung cinta kasih Dari bentuk tubuh, warna bulu atau paruhnya pada burung indah ini termasuk pada jenis spesies terkecil dari burung beo yang selama sudah banyak dikenal masyarakat Adapun asal burung ini ada sekitar 8 spesies love bird bersal dari Afrika sedang jenis Grey banyak ditemukan di madagaskar.  ukuran burung ini antara 13 sampai 17 cm dengan berat sekitar 40gr serta bisa bertahan hidup hingga 10 sampai 20 tahun.

Mengenai jenis seperti telah disebutkan sebelumnya bisa saja setiap orang atau daerah memiliki sebutan berbeda terutama mereka yang masih belum paham masing-masing jenis dan namanya, karena burung ini memiliki ragam jenis dan warna, ada warna hijau, putih, kuning, biru, violet dan lainnya termasuk ada blorok dan albino, banyak kan? Jenisnya pun beragam misalnya ada lovebird kepala warna abu-abu asal madagaskar dengan nama latin Agapornis cana, love bird sayap merah, muka merah, kerah hitam, muka salem, kaca mata discher, kacamata topeng dll

 Lovebird kaca mata fischer
kamar tidur utama merancang ruang tidur

Cara Ternak Atau Perawatan Burung Lovebird Cara memilihara burung ini cukup mudah termasuk perawatannya karena lovebird ini menyukai sayuran seperti kangkung atau jagung muda termasuk biji-bijian seperti kacang hijau, biji bunga matahari, kacang merah dan lain-lain. Sedangkan untuk perawatan misalnya pada pagi hari bisa dikeluarkan pada bagian teras rumah agar terkena angin, dimadikan, dijemur pada pagi hari cukup 30-60 menit, mebersihkan kandang dan lain sebagainya. Jadi pemeliharaan dan perawatannya tidak jauh berbeda dengan burung lainnya. Namun bagi anda yang bermaksud untuk memelihara burung ini sebagai peluang usaha tentu harus lebih banyak tahu tentang cara penanganannya karena jumlahnya tentu akan lebih dari satu mulai dari cara penangkaran sampai memelihara anakan karena burung ini ada yang enggan merawat anaknya sendiri sehingga kita harus turun tangan untuk memberinya makan

Advertisement
KOMENTAR ANDA