Batu Sungai Dareh, Akik Lumuik Terkenal Asal Sumatera Barat

Batu Sungai Dareh merupakan salah satu jenis batu alam yang diyakini memiliki tuah dan yoni. Batu yang umumnya berwarna hijau benaing ini menjadi buruan banyak orang terutama mereka yang biasa mengoleksi batu antik dan unik.

Batu yang dikenal dengan sebutan ‘Batu Lumuik’ atau batu Akik hijau Lumut sungai dareh ini dulu dikenal dengan nama giok kandi, namun belakangan lebih dikenal dengan ‘Batu Sungai Dareh’ sesuai nama asalnya di penambangan sungai dareh Dharmasraya Sumatera Barat

Masyarakat setempat menjadikan batu ini sebagai batu permata untuk perhiasan seperti cincin, liontin dan kalung. Harga batu sungai dareh berkisar ratusan ribu bahkan hingga milyaran rupiah tergantung keunikan dan keyakinan seseorang akan daya magis yang terdapat didalamnya.

Namun tidak ada patokan khusus tentang keunikan batu akik lumuik ini sehingga harganya bisa lebih mahal, karena biasanya berdasarkan kesepakatan dan suka sama suka, adakalanya sebuah benda tidak begitu berharga bagi tapi bagi orang lain sangat berharga.

Pemburu jenis batu ini bisa dari berbagai kalangan baik para kolektor, pejabat bahkan termasuk orang biasa. Batu para kolektor dan bebisnis batu ini bisa menjadi ajang bisnis yang menggairahkan mengingat banyaknya peminat batu lumut sungai dareh ini

Harga Dan Warna Batu Sungai Dareh
Batu sungai dareh memiliki warna bervariasi namun biasanya secara umum mempunyai warna dasar hijau, mulai dari hijau tua, bening sampai pada warna hijau bening kekuningan.

Perbedaan warna pada batu lumuik ini, bagi seorang kolektor tentu akan lebih memahami mana jenis batu yang bagus sehingga mereka akan lebih paham menentukan harga yang layak, semakin unik dan eksotis batu akik maka akan semakain mahal harga yang ditawarkan.(Baca : Batu Cempaka Madu Sulaiman Jenis Akik Populer )

Khasiat Batu Sungai Dareh
Pemburu batu akik termasuk batuk lumut hijau sungai dareh ini memiliki berbagai alasan untuk memiliki batu tersebut, mulai dari hobi mengoleksi batu akik, sebagai perhiasan sampai pada keinginan untuk merasakan khasiat batu sungai dareh yang konon mampu menyeimbangkan energi dalam tubuh untuk kebaikan hidup

Terlepas dari khasiat batu yang saat ini sudah mulai langka itu, jenis batu akik ini memang sangat manarik dan  termasuk salah satu kekayaan nusantara yang sudah mendunia.

Bahkan konon presiden Obama dan Presiden SBY juga mengenakan batu tersebut dijari tangannya, sehingga membuat batu ini kian sulit didapatkan termasuk ditempat asalnya karena kehabisan stok dan menipisnya bahan baku

Advertisement
KOMENTAR ANDA