Batu Ruby (Merah Delima) Satu Dari 4 Batu Populer Dunia

Batu Ruby termasuk dalam jenis batu mulia atau permata bernilai tinggi, namun tetap tergantung pada kualitasnya. Batu yang juga sering disebut merah delima ini pada umumnya berwarna merah muda dan merah tua atau merah darah dan merupakan jenis mineral korundum (aluminium oksida).

Ciri batu ruby secara umum memiliki warna merah muda sampai merah darah. Warna merah berkilau dan segar termasuk dalam kualitas batu terbaik. Dari empat batu mulia terkenal didunia seperti Intan, Zamrud, safir, Batu Ruby adalah batu mulia paling bernilai dan berharga tertinggi.

Namun demikian, seperti telah disebutkan harga batu ruby tetap tergantung pada kualitas . Warna berkilau dan dinamis akan membuat batu ruby makin mahal, Seperti batu ruby asal Myanmar yang pernah terjual seharga US$1,8 juta atau 18 milyar dalam sebuah pameran perhiasan di Beijing, China pada 2013 lalu.

Sebagai salah satu batu mulia populer dan sudah dikenal pencinta batu dan para kolektor dunia membuat batu delima ini sulit didapatkan terutama untuk batu yang benar-benar asli. Namun sebagai penggantinya banyak beredar batu dengan corak hampir sama dalam bentuk sentitis, bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan batu paling disukai di dunia ini.

Mitos Dan Khasiat Batu Ruby
Batu Ruby sudah dikenal sejak ribuan tahun sebagai perhiasan berharga dan banyak dipakai kalangan raja dan putri keraton zaman dulu. Keberadaan batu mulia termasuk ruby seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang bau mistik dan mengandung energi magnetis yang bisa membawa pengaruh pada pamakainya.

Khasiat batu ruby dengan warna khasnya dipercaya sebagai simbol kewibawaan, keperwiraan dan rasa percaya diri yang tinggi. Selain itu batu ini juga dipercaya sebagai pengasihan sehingga pemakainya disukai banyak orang.

Namun pada umumnya para kolektor, khususnya pencinta batu mulia berburu batu ruby bukan karena melihat dari sisi metosnya melainkan karena memang batu ini memiliki nilai keindahan tersendiri sekaligus dengan harganya yang mahal dijadikan sebagai investasi dan koleksi seni.

Warna Ruby
Selain warna merah sebagai warna primer atau Pegion Food (merah darah cerah) untuk ruby berkualitas, batu ini juga punya varian warna atau berwarna skunder seperti ungu, violet dan orange.

Untuk melihat keasliannya bisa dilihat dari pantulan sinar yang melewatinya dan bisa menggunakan alat pencahayaan seperti senter. Sinar yang terpantul bisa berbentuk six-point dan three ray atau berbentuk bintang yang dikeluarkan dari serat alami dari batu ruby. Jika ingin membeli batu ruby natural (asli) terlebih jika harganya sangat mahal sebaiknya perlu diteliti dengan seksama agar tidak keliru..

Advertisement
KOMENTAR ANDA