Batu Mulia Mata Kucing Jenis Permata Populer Sejak Ratusan Tahun Lalu

Keindahan pada batu akik mata kucing memang sudah tidak diragukan lagi, terutama bagi para penghobi batu mulia. Jenis batu yang juga disebut ‘Cat’s eye’ ini memiliki corok yang sangat indah dan memiliki banyak warna dengan ciri khas pantulan sinar yang keluar dari batu menyerupai mata kucing

Dalam dunia permata, jenis batu ini masuk dalam jajaran batu paling dicari selain zamrud dan berlian, di pasaran international batu mata kucing cellone masuk dalam kategori permata terlaris dan memiliki tingkat kekerasan mencapai 8 mohs.

Sejak ribuan tahun lalu cat’s eye sudah dikenal masyarakat dunia, bukan cuma karena keindahannya, tapi karena batu ini juga dianggap sakral dan dijadikan sebagai simbol keindahan alam semesta.

Bahkan konon pada masa kerajaan Agung Zulkarnain batu ini sudah ditempatkan pada kedudukan tertinggi sebagai lambang kedamaian dan ditempatkan pada kursi kebesaran sang kaisar sekaligus menjadi penghias mahkota raja-raja saat itu

Sejarah Batu Permata Kucing Di Indonesia
Di Indonesia batu mata kucing sudah dikenal sejak zaman wali songo, berawal ketika seorang Putri Raja Tartar bernama Ong Tien datang ke Indonesia untuk menemui Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung jati).

Saat berangkat dari negerinya putri Ong Tien mengenakan perhiasan berupa kalung bertatakan berlian ungu dan ditengahnya terdapat batu permata hijau serabut urat air sehingga membuat perpemata itu terlihat sangat indah.

Tapi sayang, sesampainya di pesisir Cirebon, putri Ong Tien yang merasa senang karena sudah sampai di negeri yang dituju, kemudian turun dari kapal dan berlari kecil menuju pantai namun tanpa disadari kalung yang dikenakan tersangkut dahan dan terlepas lalu menghilang diantara timbunan pasir.

Pada sekitar tahun 70-an, batu mata kucing kian dikenal masyarakat dan perburuan batu mulia ini sering dilakukan, bahkan seorang putra mahkota raja Kanoman pernah mengumpulkan para ahli hikmah untuk mengadakan pencarian batu milik Ong Tien yang pernah hilang di pesisir pantai Cerebon sekitar tahun 1470 Masehi

Entah, berhasil atau tidak usaha pencarian batu itu,  tapi yang jelas bahwa batu mata kucing memang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang baik karena keindahannya maupun berdasarkan keyakinan akan adanya tuah atau daya magis dalam batu itu.

Bagi mereka yang percaya, bahwa khasiat dan kegunaan batu mata kucing dapat mendapatkan keberuntungan, termasuk kewibawaan, membawa kebahagiaan, kemakmuran dan lain sebagainya.

Mengetahui Keaslian Batu Mata Kucing
Batu permata yang sudah populer biasanya akan selalu di duplikat yang sengaja dibuat untuk menyerupai aslinya atau sering disebut dengan batu sintetis, sehingga bagi pencinta permata yang tidak bisa membeli batu asli bisa memilih yang sentitis sebagai perhiasan. Baca: Perbedaan batu  natural, sintetis dan imitasi

Namun bagi mereka yang mengnginkan yang benar-benar asli (natural) tentu harus melakukan pengujian terlebih dahulu untuk membedakan batu akik asli atau palsu, seperti melakukan uji laboratorium gemologi untuk memastikan keaslian batu termasuk batu mata kucing ini.

Advertisement
KOMENTAR ANDA