Batu Bacan Jenis Cincin Permata Asal Doku Yang Kian Populer

Batu Bacan adalah jenis batu giok asli Indonesia dan ditemukan di wilayah Maluku utara. Harga batu bacan bisa mencapai piluhan juta rupiah sehingga banyak para pengrajin batu giok yang banyak ditemukan di daerah pegunungan dan sungati-sungai diwilayah pulau bacan ini sebagai profesi yang menguntungkan.

Batu yang dibentuk menjadi mata cincin, liontin, gelang dan bros ini diminati banyak orang layaknya batu permata lain yang juga populer di Indonesia seperti batu sungai dareh, merah siam, cempaka madu sulaiman, atau batu jenis lain yang sering menjadi buruan para kolektor.

Namun, menurut Yusuf Trafannur seorang perajin batu cincin setempat, meskipun batu ini kian populer, untuk saat ini masih belum bisa menjadi primadona di negeri sendiri dan kebanyakan pembeli masih dari luar negeri.

Kepopuleran Batu cincin bacan tak lepas dari pesona batu yang mampu memukau banyak pencinta permata alam seperti keluarnya warna dan cahaya kerlap kerlip yang terpancar dari dalam batu sehingga terkesan indah dan menarik untuk dijadikan perhiasan.

Pria yang beromzet 30 juta-an rupiah perbulan ini juga menambahkan bahwa tak semua batu bacan berharga mahal tergantung tekstur batu, semakin halus tekstur batu dan mengkilap saat terkena sinar maka akan semakin mahal harganya.

Khasiat Dan Harga Batu Bacan
Batu dengan nama ‘Bacan’ yang diambil dari nama asalnya Pulau Bacan ini, menurut orang yang percaya konon berkhasiat menangkan pikiran, memperkuat jantung, mata dan membuat aliran darah menjadi lancar.

Namun terlepas dari keyakinan adanya khasiat yang terdapat pada batu ini, kebanyakan orang tertarik pada batu ini karena pesona dan kelir yang keluar dari batu ini yang bisa berubah-berubah mulai dari warna baru, hijau muda, hijau tua sesuai umur batu.

Batu bacan yang masih berumur muda pada umumnya berwarna biru laut tapi biasanya lama kelamaan akan berubah warna menjadi lebih cerah diikuti keluarnya bintik hitam didalamnya yang dapat mengkristal sejalan dengan bertambahnya usia batu, sehingga membuat batu ini bertambah indah.

Harga batu bacan mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah yang sudah dijadikan mata cincin. Semakin tua umur batu dengan warna yang kian indah harganya akan semakin mahal.

Ekspor Batu Bacan
Jika selama ini batu ini dinilai kurang populer dibandingkan jenis batu lain, tapi seiring dengan banyaknya permintaan pasar luar negeri membuat batu ini mulai banyak dilirik pencinta permata dan kolektor asal Indonesia.

Kebanyakan para pembeli lokal menurut Yusuf berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung atau ternate, sedangkan pembeli luar negeri kebanyakan dari malaysia, Taiwan, China, Korea dan Amerika.

Untuk mendapatkan batu bacan dengan kualitas bagus dan indah para pembeli perlu kehati-hatian dalam memilih, baik dari ukuran, ketebalan sampai pada tekstur (serat) dan kecerahan batu, batu yang sudah benar-benar mengkristal mempunyai harga lebih tinggi

Advertisement
KOMENTAR ANDA