Tata Cara Sholat Tahajud, Niat Dan Bacaan Doa

Advertisement
Bacaan Doa, Niat Dan Cara Sholat Tahajud - Shalat Tahajud disebut juga sholat malam (sholatul lail) karena dalam pelaksanaan nya sholat ini harus dilaksanakan pada malam hari sehabis isya' atau setelah tidur dimana semua orang sedang tertidur lelap.Meski sholat ini bisa dikerjakan setelah sholat isya' namun banyak pendapat yang menyebut waktu paling utama melaksanakan tahajud adalah 'sepertiga malam' terakhir atau sekitar pukul 2 malam hingga menjelang subuh

Sholat Tahajud merupakan shalat yang sangat agung dan sangat mulia dihadapan Allah SWT, sehingga Rasulullah SAW sendiri tidak pernah meninggalkan sholat ini sepanjang hidupnya bahkan dikisahkan oleh Aisyah ra bahwa kaki nabi sampai pecah karena melaksanakan tahajjud

Ada banyak keutamaan yang terdapat dalam sholat ini, diantaranya Allah akan meninggikan derajatnya kelak diakhirat, Allah akan membangkitkan orang yang senang melakukan sholat tahajud dengan wajah berseri dihari pembalasan nanti, akan mendapatkan keringanan saat dihisab, segala amal baik yang dilakukan akan diberikan lewat tangan kanannya di akhirat kelah dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.

Bahkan bagi mereka yang suka meaksanakan tahajjud, Allah juga akan memberikan balasan tak hanya di akhirat tapi juga di dunia, diantaranya, dipelihara oleh Allah dari segala bencana dan malapetaka, wajahnya selalu tampak bersinar, selalu dicintai sesama manusia, setiap kata yang diucapkan mengandung hikmah yang bisa memberi manfaat untuk orang lain dan sebagainya

Berikut ini perkiraan waktu sepertiga malam :
Pertama : Sekitar pukul 19.00 s/d pukul 22.00 2.
Kedua : Sekitar pukul 22.00 s/d pukul 01.00 3.
Ketiga : Sekitar pukul 01.00 s/d masuk waktu subuh (sepertiga malam terakhir)

Keutamaan Sholat Tahajjud
Adapun keutamaan (Fadhilah) sholat tahajud adalan berdasarkan :

Hadits yang diriwayatkan Bukhori dari Ibnu Abbas:






Dalam Al-qur'an Al Quran Surat Al Isra' 79












Cara Melaksanakan Sholat Tahajud
Adapun cara pelaksanaan shalat tahajjud sama saja dengan sholat sunnah pada umumnya minimal 2 raka'at maksimal tidak terbatas, Rosulullah biasa mengerjakan hingga sebelas raka'at
Berikut caranya :

Niat Shalat Tahajud :
Artinya: “Aku niat shalat sunah tahajjud 2 rakaat karena Allahta'ala” (niat ini diucapkan dalam hati saat mengucapkan takbiratul ihrom )
  1. Takbirotul Ihrom (Takbir pertama) dengan membaca 'Allahu Akbar' kemudian baca Alfatihah kemudian dilanjutkan membaca salah satu surat dalam Alqur'an (Alkafirun), lalu ruku', I'tidal, sujud dst.
  2. Pada raka'at kedua Baca Alfatihah dilajutkan dengan membaca surat alqur'an seperti Al-ikhlash (surat yang sudah hafal, berlaku juga untuk raka'at pertama)
  3. Salam (mengakhiri sholat)
Mengenai jumlah raka'at seperti disebutkan sebelumnya minimal 2 raka'at maksimal sesuai kemampuan anda.

Do'a Shalat Tahajud
Bacaan sholat tahajud dibaca setelah melaksanakan shalat,

Seringkali menjadi pertanyaan, bagaimana jika tidak hafal bacaan arabnya. Anda bisa berdo'a dengan bahasa Indonesia atau bahasa apa saja termasuk bahasa inggris, jawa, belanda dan sebagainya karena Allah SWT mengetahui semuanya, hal itu berlaku untuk sholat lainnya seperti istikharah, atau sholat dhuha bahkan termasuk sholat fardhu sekalipun, jadi bukan alasan tidak melaksanakan sholat hanya karena tidak hafal do'a karena hukumnya sunnah, tapi tetap harus berusaha agar bisa menghafal do'a-do'a dalam shalat termasuk doa lainnya.
Advertisement
BAGIKAN:
Tags: Belajar Agama

Disclaimer :
Komentar terkait artikel ini termasuk isi komentar menjadi tanggung pemberi komentar dan bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan eraberita com. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan, memutuskan untuk menayangkan atau menghapus komentar tersebut.